Bible Talk Intergenerasional Pelkat PT

SHARE

Mengusung Sub Tema You are Not Alone HUT Persekutuan Teruna Ke-40 diselenggarakan di Bali

Dalam rangka HUT ke-40 Pelkat PT GPIB telah diselenggarakannya kegiatan lingkup sinodal yaitu BIBLE TALK INTERGENERASIONAL dengan sub-tema You are Not Alone yang dilaksanakan pada tanggal 17-19 Februari 2023, yang bertempat di Puri Sharon Hotel, Bali. You are Not Alone memiliki artian yaitu benang merah, kesinambungan spirit para pelayan teruna serta juga membangun kepekaan pelayan teruna mengawal dombanya yang berpotensi terjebak dalam bahaya ego sentris dan anti sosial yang membinasakan adalah harapan yang menjadi latar belakang pada tema ini.Kesadaran para Teruna bahwa ditengah pergumulan yang mereka hadapi masih ada Tuhan Yesus yang menjaga lewat kasih dari para orang tua, saudara teman, dan tentunya Kakak Layan.

Keintiman dengan Kristus adalah hal yang multak maka dengan itu gerakan back to the bible menjadi hal yang digaungkan terus menerus lewat  kegiatan Bible Talk Intergenerasional lingkup sinodal. Keterlibatan Teruna, kakak layan dan orangtua menjadi sarana pendukung dalam kegiatan ini. Dan diharapkan dengan adanya kegiatan Bible Talk Intergenerasional akan membangun serta membangkitkan aktivitas membaca serta merenungkan Firman Tuhan sebagai habit serta gaya hidup.

Dalam kegiatan Bible Talk Intergenerasional Pelkat PT GPIB Filadelfia juga ikut serta dalam kegiatan lingkup sinodal. Mewakili Teruna yang lainnya serta Kakak Layan. PT Filadelfia mengirim masing-masing dua orang perwakilan, diantaranya ada Kak James Pamara dan Kak Cornelia Karundeng sebagai perwakilan kakak layan. Lalu, Melisa Widisetiti Untung dan Alexandro Daniel Mongi sebagai perwakilan adik layan.

Pada Kegiatan Bible Talk Day 1 Kami melakukan registrasi, serta juga Pembukaan acara beserta Ibadah, setelah itu kami dibagi menjadi dua yaitu Kakak Layan dan Adik Layan. Materi Sesi satu tentang Who Am I didalam sesi ini ingin menjelaskan tentang manusia yang diciptakan menurut Gambar dan Rupa Allah serta Manusia diciptakan dengan memiliki potensi berelasi dengan benar. Setelah itu Masuk ke dalam Sesi dua  tentang Manusia Jatuh dalam Dosa didalam materi ini kami melakukan diskusi kelompok RASA-BUTUH serta juga diskusi tentang semua persoalan eksistensi dan kebutuhan setelah manusia jatuh dan usaha manusia untuk selamat dari dosanya. Dari kedua Sesi itu relevan terhadap sub tema yang ada sebagai Kakak Layan diajarkan untuk menjadi MISTAGOG (Pengantar Anak-anak Kepada Kebesaran Allah) sementara Adik Layan diajarkan tentang IMAGODEI (Manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah untuk melanjutkan karyaNya).

Setelah kegiatan hari pertama dijalani pada Bible Talk Day 2 kami melakukan kegiatan Penelaahan Alkitab Sesi 1 tentang Daud setelah itu terdapat Aktifitas “The Journey” kegiatan aktifitas ini ingin memberi tahu kepada Adik Layan bahwa mereka tidak sendiri serta juga setiap waktu yang mereka miliki adalah berharga walau akan banyak hal yang mereka dapat temui di kehidupan mereka tetapi pada akhirnya mereka akan kembali ke Rumah. Setelah aktifitas kami melanjutkan kembali Penelaahan Alkitab Sesi dua tentang Kitab Yunus serta juga Penelaahan Alkitab Sesi tiga tentang Kitab Ester. Didalam setiap sesi yang para peserta lakukan kesimpulan yang dapat diambil sesuai dengan tema You Are Not Alone yang pertama adalah adanya semangat untuk melakukan sesuatu yang lebih didalam Pelayanan kita, yang kedua ialah untuk bersikap baik terhadap sesama baik didalam keluarga maupun kehidupan sosial. Setelah ketiga sesi PA dijalankan, para kakak layan masuk kedalam sesi tiga yaitu tentang persekutuan keluarga. Didalam sesi ini Kakak Layan serta Adik Layan diminta untuk saling berdiskusi bagaimana cara untuk meningkatkan Persekutuan didalam Keluarga.

Setelah setiap Sesi sudah dijalankan Kegiatan untuk menutup hari kedua yaitu Acara Kebersamaan/Got TalentYou Are Not Alone” dalam acara ini Adik Layan menunjukkan setiap Bakat yang mereka miliki seperti Melisa yang merupakan Kelompok 2 yang menampilkan Pertunjukan Drama tentang Yunus sementara Exa merupakan Kelompok 10 yang menampilkan Pertunjukan Puisi tentang Keberdosaan Manusia Terhadap Allah, Penampilan bakat yang ditampilkan oleh para Adik Layan merupakan hal yang sangat menakjubkan dikarenakan mereka hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mempersiapkan setiap penampilan yang akan mereka tunjukkan.

Setelah beragam kegiatan yang terjadi pada hari kedua keesokan hari nya pada hari terakhir Bible Talk Day 3 dilakukannya Ibadah dan Perayaan Puncak HUT PT ke-40, setelah Ibadah selesai terdapat acara selanjutnya yaitu Perayaan Puncak dalam acara ini dilakukan proses tiup lilin serta juga Pengumuman kepada para Adik Layan yang sudah turut berpartisipasi disetiap kegiatan yang sudah berlangsung. Mewakili Teruna GPIB Filadelfia, Melisa dari kelas DWI mendapat nominasi sebagai peserta teraktif selama kegiatan tersebut serta juga Melisa yang tergabung didalam kelompok 2 memenangkan Juara ke 2 dalam Acara Teruna Got Talent.

Dalam proses kegiatan BIBLE TALK INTERGENERASIONAL dengan sub-tema “You Are Not Alone” kami Pelkat PT GPIB Filadelfia sangat bersyukur serta bersukacita dikarenakan bisa bertemu dengan banyak Kakak serta Adik Layan dari berbagai GPIB di seluruh Indonesia, dengan sub-tema yang diambil dalam kegiatan ini PT GPIB Filadelfia benar merasakan bahwa para teruna serta kakak layan tidak sendiri dan menjadi sadar bahwa masih banyak orang-orang yang disekitar peduli serta juga saling mengasihi antar sesama. Kiranya dari kegiatan ini Pelkat PT GPIB Filadelfia bisa terus membawa Sukacita dan Damai Sejahtera kepada sesama baik Orangtua, Kakak Layan, sesama Adik Layan, dan juga kepada sekitar kita serta juga kiranya kita bisa menjadi pribadi yang Berkembang dan Bertumbuh dalam Iman sehingga para Pelayan dan Teruna bisa menjadi Duta-duta Allah yang siap bercerita tentang keindahan Firman Tuhan lewat apapun dan kepada siapapun.